Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui KKG

Dinamika dalam dunia pendidikan saat ini sejatinya merupakan tantangan bagi para guru untuk mengukur sejauh mana komitmen mereka dalam mengembangkan dan mengimplementasikan keilmuannya untuk mendidik generasi penerus bangsa. Beragam persoalan muncul dan menuntut guru harus siap menghadapinya sebagai tanggung jawab mulia yang dipikulnya. (Blurb)

Buku Efektivitas Kelompok Kerja Guru Aktualisasi Keilmuan Melalui KKG karangan Iwan Rijal Winata, S.Pd. SD., M.Pd., mencoba memaparkan bentuk efektivitas yang harus ditempuh, untuk menemukan kerangka berpikir bahwa KKG merupakan wadah dalam mengembangkan keilmuan dan profesionalitas guru. Iwan Rijal Winata meyakini bahwa program pengembangan keprofesian berkelanjutan dengan wadah KKG menjadi salah satu penentu utama untuk meningkatkan profesionalisme guru dan performance (kinerja guru).

Buku ini semacam memberi “panduan” bagi pembacanya terutama tenaga pendidik maupun yang berwenang di dalamnya. Bab satu, berisi perihal dasar KKG dan pengembangan profesional berkelanjutan. Bab dua, menyampaikan efektivitas KKG dan pembelajaran. Bab tiga, mengenai fungsi dan sistem. Bab empat, berbicara mengenai prinsip profesionalitas beserta cirinya. Bab lima, kompilasi bahan yang menjadi kunci tentang KKG.

KKG sendiri merupakan suatu kelompok sangat strategis  untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja guru. Berbagai upaya untuk meningkatkan kinerja guru seperti, pelatihan infrastruktur, peningkatan sarana dan prasarana, dan peningkatan mutu manajemen KKG.

Mengukur efektivitas organisasi bukanlah suatu hal yang sangat sederhana, karena efektivitas dapat dikaji dari berbagai sudut pandang dan tergantung pada siapa yang menilai serta menginterpretasikannya. Tingkat efektivitas juga dapat diukur dengan membandingkan antara rencana yang telah ditentukan dengan hasil konkret yang telah diwujudkan.

KKG merupakan wadah dalam pembinaan profesional guru yang dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi, bertukar pikiran dan berbagi pengalaman, melaksanakan berbagai demonstrasi, atraksi dan simulasi dalam pembelajaran. Bagian atau komponen dari sistem pembinaan profesional guru yang dalam pelaksanaannya melakukan kegiatan berkumpul bersama, saling bertukar pikiran, saling membantu memecahkan masalah.

Tugas dan fungsi KKG ialah melakukan peningkatan kemampuan guru sebagai tenaga kependidikan yang berhubungan dengan silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pengembangan bahan ajar, pendayagunaan media dan sumber belajar, penilaian, pelaksanaan bimbingan serta diskusi mencari alternatif penyelesaian berbagai masalah dan penetapan kegiatan.

Kompetensi guru merupakan seperangkat penguasaan kemampuan, keterampilan, nilai, dan sikap yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru bersumber dari pendidikan , pelatihan, dan pengalamannya sehingga dapat menjalankan tugas mengajarnya secara profesional.

Intinya, salah satu usaha penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran adalah melalui usaha peningkatan profesionalitas guru melalui kegiatan KKG sebagai wadah yang disediakan oleh setiap satuan pendidikan dalam upaya peningkatan kinerja.


Ilustrasi: Pratomo Bangun | IG: @jagalaut

Latest posts by Risen Dhawuh Abdullah (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *