Catatan Anak Bangsa: Kisah KKN dari Pelosok Negeri

Kuliah Kerja Nyata Anak Bangsa (KKN AB) adalah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pembelajaran dan pemberdayaan melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan dakwah amar makruf nahi munkar. Syarat sebagai peserta KKN AB haruslah kader Angkatan Muda Muhammadiyah seperti Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, dan Pemuda Muhammadiyah. Diharapkan para peserta KKN AB telah memiliki bekal sebagai seorang innovator, motivator, dan problem solver.

            Mahasiswa KKN AB telah memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam membangun silaturahmi dengan pemerintah daerah, masyarakat, dan warga persyarikatan Muhammadiyah dalam rangka memperkuat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme. KKN AB ialah sebuah nama yang dipilih oleh mahasiswa Universitas Ahmada Dahlan (UAD) yang diterjunkan di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) di Indonesia. Daerah 3T tersebut memiliki potensi untuk dikembangkan, medan dakwah amar makruf nahi munkar, dan memenuhi kriteria-kriteria yang ditentukan oleh mahasiswa dan dosen pembimbing.

            KKN AB dilaksanakan dengan tujuan memberikan kontribusi dalam pembangunan Indonesia. Di antaranya memberikan kesempatan kepada mahasiswa mempraktikkan keterampilan yang dimiliki dalam menyusun, merencanakan, maupun melaksanakan program-program pengembangan dan pembangunan. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memecahkan “kemiskinan rohaniah” sebagai realisasi dari dakwah amar makruf nahi munkar. Melibatkan mahasiswa dalam menggairahkan dan memajukan kegiatan keislaman dan turut berkontribusi dalam membangun dunia pendidikan.

            Buku Catatan Anak Bangsa terbitan Jejak Pustaka memuat kisah KKN AB UAD selama empat periode dari tahun 2016, 2017, 2018, dan 2019. Semenjak 2016 sampai 2019 UAD telah mengirim 115 mahasiswanya dalam program KKN AB di daerah 3T yaitu Sambas, Kalimantan Barat dan Puhoto, Gorontalo. Perjalanan dan pengalaman para mahasiswa KKN tersebut akhirnya ditulis dan diterbitkan menjadi sebuah buku.

            Catatan Anak Bangsa menjadi pegangan yang cukup penting bagi KKN AB UAD selanjutnya. Sebab dari buku ini mahasiswa yang akan melaksanakan KKN berikutnya memiliki gambaran kondisi lokasi dan kendala yang dihadapi selama masa KKN. Tak hanya gambaran kondisi dan kendala saja yang didapatkan dari buku tersebut. Melainkan ilmu dan informasi seputar program yang disusun oleh mahasiswa sebelumnya. Kisah selama menjalani program KKN di daerah 3T yang dituliskan bisa menjadi inspirasi dan pelecut semangat untuk mengabdi pada bumi pertiwi.

Ilustrasi: Pratomo Bangun

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *