Bincang Sastra Edisi 173: BERBINCANG DI RUMAH ILALANG

Studio Pertunjukan Sastra kembali hadir dalam acara Bincang-Bincang Sastra yang kali ini telah sampai pada edisi ke 173. mengusung tajuk Bincang Novela Rumah Ilalang Karya Stebby Julionatan, acara Bincang-Bincang Sastra akan digelar pada Sabtu, 22 Februari 2020 pukul 20.00 di Ruang Seminar Taman Budaya Yogyakarta. Akan hadir sebagai pembicara dalam acara ini ialah Stebby Julionatan (sang penulis) dan Asef Saeful Anwar (Dosen Sastra Indonesia FUB UGM)  yang dimoderatori oleh Ilham Rabbani (Komunitas Sastra Jejak Imaji). Di dalam acara ini juga akan disajikan pembacaan nukilan novela oleh Agung Wicaksana (Sanggar Lincak FIB UGM).  

“Stebby Julionatan merupakan sastrawan yang produktif. Selain itu ia juga aktif  menggiatkan literasi bersama Komunlis Probolinggo yang didirikannya. Ia bekerja sebagai staf bagian informasi di Dinas Komunikasi dan Informatika, Kota Probolinggo. Dari ketekunannya menulis, ia telah menghasilkan sejumlah buku, antara lain LAN (2011), Barang yang Sudah Dibeli Tidak Dapat Ditukar Kembali (2012), Di Kota Tuhan (2018), dan tentu saja Rumah Ilalang (2019),” sebut Bayu Aji Setiawan, koordinator acara.

Bayu menambahkan, “Novela Rumah Ilalang mengangkat tema isu agama juga orientasi seksual dan identitas gender. Belum banyak sastrawan Indonesia yang menulis mengenai itu ini. Novela Rumah Ilalang dapat menjadi pembelajaran bagi masyarakat Indonesia dalam memandang sesuatu yang dianggap oleh sebagai minoritas di tengah mayoritas.” “Salah satu dari 12 naskah pemenang lomba novela yang diadakan oleh Penerbit Basabasi ini memiliki warna tersendiri di dalam khazanah sastra Indonesia. Satu isu yang membutuhkan ruang gerak dan ruang diskusi yang lebih luas untuk memahaminya,” pungkas Aji Bayu Setiawan.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *