Mengenal Teori-teori Pembelajaran dalam Pendidikan

Tak kenal, maka tak sayang. Begitulah pepatah lama yang sering diucapkan. Begitu pun teori-teori pembelajaran, perlu dikenal untuk dikuasai dan diterapkan dalam pendidikan. Buku Teori-Teori Pembelajaran yang ditulis oleh Agmarina Bella Agustin, S.Pd. dkk terbitan Jejak Pustaka, November 2019, memuat teori-teori pembelajaran yang bisa diaplikasikan guru dalam proses pembelajaran.

Teori Kognitif Sosial mengakui adanya kontribusi sosial terhadap cara manusia berpikir dan bertindak, maupun pentingnya proses kognitif terhadap motivasi, emosi, dan tindakan. Tokoh-tokoh dan pemikiran teori kognitif sosial dihuni oleh nama Kurt Lewin, Jean Piaget, Jerome Broner. Pembelajaran dalam pandangan kognitif lebih menekankan proses yang berpusat pada siswa serta berorientasi pada pembentukan pengetahuan dan penalaran siswa.

Teori Belajar Konstruktivisme mempercayai kemampuan individu dalam membentuk dan menyusun  (mengonstruksi) sendiri pengetahuannya. Proses penyusunan pengetahuan individu tersebut dilakukan melalui kemampuan siswa dalam berpikir dan menghadapi tantangan, menyelesaikan, dan membangun konsep pengetahuan yang utuh dari keseluruhan pengalaman nyata yang pernah dialaminya.

Teori Belajar Behaviorisme memusatkan belajar yang memahami tingkah laku manusia yang sangat mengandalkan kemampuan pengamatan untuk mengamati setiap perubahan tingkah laku yang terjadi setelah proses belajar. Tokoh-tokoh teori behavioristik diisi oleh John Locke, Ivan Petrovich Pavlov, John Broadus Watson, Edward L. Thorndike.

Buku Teori-teori Pembelajaran memuat teori-teori pembelajaran yang bisa diaplikasikan guru dalam proses pembelajaran”.

Teori Belajar Humanisme menganggap bahwa manusia mempunyai potensi-potensi mendasar dan mempunyai keleluasaan untuk menentukan pembelajaran pada dirinya sendiri. Fokus dari pembelajaran dan pendidikan manusia ditujukan untuk membentuk manusia sesuai dengan apa yang dicita-citakan. Bloom dan Krathwohl, Abraham Maslow, Kolb, Honey dan Mumford, Jurgen Habermas ialah tokoh-tokoh teori humanistik.

Teori Belajar Kognitif, asumsi dasar teori ini adalah setiap orang telah mempunyai pengalaman dan pengetahuan dalam dirinya. Pengetahuan dan pengalaman tertera dalam struktur kognitifnya. Berupaya mendeskripsikan apa yang terjadi dalam diri seseorang ketika belajar.  Jean Piaget, John Dewey, Jerome S. Bruner, dan Lev Vygotsky ialah begawan teori belajar kognitif.

            Buku Teori-Teori Pembelajaran memiliki keunggulan yang memuat aplikasi dan implikasi dari tiap teori yang tersaji. Hal itu memberikan gambaran bagaimana penerapan dan dampak teori tertentu jika diuji dalam pendidikan. Buku ini penting jadi pegangan siapa pun, terutama mereka yang bergulat di arena pendidikan, yaitu guru.

Ilustrasi: Pratomo Bangun
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *